Tipologi Kepribadian



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia terlahir ke dunia mempunyai wujud dan karakter yang berbeda-beda. Hal tersebut tentunya menjadi tuntutan bagi manusia untuk saling mengenal satu sama lain. Saling mengisi dan berinteraksi guna mewujudkan kehidupan yang tentram dan penuh kedamaian. Mengingat manusia sebagai makhluk sosial, maka tak luput seorang manusia lepas dari campur tangan sesamanya. Semua itu tak akan terwujud tanpa sebuah hubungan dengan diawali komunikasi diantara keduanya.
Kepribadian adalah bagian dari jiwa yang membangun keberadaan manusia menjadi satu kesatuan, tidak terpecah-pecah dalam fungsi-fungsi. Memahami kepribadian berarti memahami aku, diri, self, atau memahami manusia seutuhnya. Hal terpenting yang harus diketahui berkaitan dengan pemahaman kepribadian adalah bahwa pemahaman itu sangat dipengaruhi paradigma yang dipakai sebagai acuan untuk mengembangkan teori itu sendiri. Para ahli kepribadian ternyata meyakini paradigma yang berbeda-beda, yang mempengaruhi secara sistemik seluruh pola pemikirannya tentang kepribadian manusia. Paradigma itu pada sebagian ahli kepribadian dikemukakan secara tegas, pada sebagian yang lain paradigmanya tersamar dan dikenali melalui model analisisnya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa dimaksud dengan Tipologi?
2.      Apa saja Jenis-jenis Tipologi kepribadian?
3.      Apa saja Tipe Kepribadian Menurut Para Ahli?

C.    Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah di atas, tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui pengertian dari Tipologi,
2.      Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis Tipologi Kepribadian,
3.      Untuk mengetahui Tipe Kepribadian Menurut Para Ahli,














BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Tipologi
Tipologi berasal dari Tipo yang berarti pengelompokkan dan Logos yang berarti ilmu. Jadi, Tipologi adalah pengetahuan yang berusaha menggolongkan atau mengelompokkan manusia menjadi tipe-tipe tertentu atas dasar faktor tertentu, misalnya: karakteristik, fisik, psikis, pengaruh dominan, nilai-nilai budaya, dan sebagainya.
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Tipologi adalah Ilmu watak tentang bagian manusia dalam golongan-golongan menurut sifat masing-masing.
Dalam mengenal tipologi kepribadian ini, terdapat dua aliran yang dapat membedakannya yaitu aliran naturalisme dan nativisme. Salah satu tokoh dari aliran naturalisme adalah Schoupenhour menyatakan bahwa segala yang suci ada ditangan Tuhan, namun yang rusak ada ditangan manusia sedangkan dalam aliran nativisme J.J.Rousseau berpendapat bahwa faktor bawaan lebih kuat dari pada faktor luar.

B.     Jenis-jenis Tipologi
Tipologi berarti suatu cara menggolongkan sejumlah orang yang dipandang memiliki tipe yang hampir bersamaan. Di bawah ini beberapa jenis tipologi yang dibedakan berdasarkan pangkal peninjaunnya yaitu sebagai berikut:
1.      Tipologi Konstitusi
Tipologi konstitusi merupakan tipologi yang dikembangkan atas dasar aspek jasmaniah. Dasar pemikiran yang dipakai para tokoh tipologi konstitusi adalah bahwa keadaan tubuh, baik yang tampak berupa bentuk penampilan fisik maupun yang tidak tampak, misalnya susunan saraf, otak, kelenjar-kelenjar, darah, dan menentukan ciri pribadi seseorang.
2.      Tipologi Temperamen
Tipologi temperamen merupakan tipologi yang disusun berdasarkan karakteristik segi kejiwaan. Dasar pemikiran yang dipakai para tokoh yang mengembangkan tipologi temperamen adalah bahwa berbagai aspek kejiwaan seseorang seperti: emosi, daya pikir, kemauan, dan menentukan karakteristik yang bersangkutan.
3.      Tipologi berdasarkan nilai-nilai kebudayaan
Tipolagi berdasarkan nilai-nilai kebudayaan dikembangkan oleh Eduard Spranger, menyatakan bahwa kebudayaan (culture) merupakan sistem nilai, karena kebudayaan itu tidak lain adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tersusun atau diatur menurut struktur tertentu.

C.    Tipe Kepribadian Menurut para ahli
Setiap orang memiliki kepribadian, setiap orang tidaklah sama dan masing-masing memiliki tipe kepribadian tersendiri. Ada banyak tipe kepribadian, seperti diungkapkan oleh para ahli, diantaranya adalah Hippocrates-Gelenus, Eduard Spranger, C.G Jung, Gerart Heymans.
1.      Tipe Kepribadian Menurut Hippocrates-Gelenus
Terpengaruh oleh Kosmologi Empedokles, yang menganggap bahwa alam semesta beserta isinya ini tersusun atas empat unsur pokok, yaitu: Tanah, air, udara, dan api, yang masing-masing mendukung sifat tertentu, yaitu tanah mendukung sifat kering, air mendukung sifat basah, udara mendukung sifat dingin dan api mendukung sifat panas, maka Hippocrates berpendapat bahwa di dalam tubuh manusia terdapat sifat-sifat tersebut yang didukung oleh cairan-cairan yang ada di dalam tubuh, yaitu:
-          Sifat kering didukung oleh Chole mewakili unsur tanah (Chloric). Cirinya: Hidup, Semangat besar, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimis.
-          Sifat basah didukung oleh Melanchole mewakili unsur air (Melanchole). Cirinya: Mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis.
-          Sifat dingin didukung oleh Phlegma mewakili unsur udara (Phlegmatis). Cirinya: Tak suka terburu-buru, tenang, kalem, tak mudah dipengaruhi, setia.
-          Sifat panas didukung oleh Sanguis mewakili unsur api (Sanguinis). Cirinya: Hidup, mudah berganti haluan, ramah.
Hippocrates Galenus berpendapat bahwa di dalam tubuh manusia terdapat empat unsur yaitu: Chloric, Melancholis, Phlegmatis, dan Sanguinis pada empat dominasi unsur cairan dalam tubuh tersebut, yang disebut Galenus dengan temperamental.
Menurut ajaran Hippocates keempat cairan tersebut ada dalam tubuh dan dalam proporsi tertentu. Apabila cairan-cairan tersebut adanya dalam tubuh dan dalam proporsi selaras (normal), maka orangnya dalam keadaan normal/sehat, sebaliknya apabila keselarasan proporsi tersebut tergangguu maka orangnya menyimpang dari keadaan tidak normal/sakit.
2.      Tipe Kepribadian Menurut Eduard Spranger
Eduard Spranger membagi tipe-tipe kepribadian seseorang berdasarkan sikap manusia terhadap yang hidup di dalam masyarakat. Dan inilah tipe-tipe kepribadian yang dimaksud oleh Eduard Spranger:
-          Manusia politik, seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini cenderung mempunyai sifat ingin menguasai orang lain, dan setiap langkahnya selalu berbau hal politik.
-          Manusia Ekonomi, kalau kita ingin mengetahui orang-orang bertipe kepribadian ekonomi kita bisa melihat pada ras China yang hidup di Negara kita ini. Kebanyakan para etnik China ini selalu mencari hal-hal baik dan berpotensi bisnis. Pada intinya orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini segala sesuatunya dipertimbangkan dengan hitungan bisnis.
-          Manusia Sosial, anda tau orang yang supel atau mudah bergaul? Inilah orang yang mempunyai kepribadian sosial. Karena orang berkepribadian sosial biasanya mudah dan suka bergaul, suka menolong, dan rela berkorban untuk orang lain.
-          Manusia Seni, untuk melihat orang yang memiliki kepribadian seni bagi kita tidak sulit. Kita bisa melihat para musisi, penyanyi, pelukis dan lain sebagainya, atau kita bisa melihat orang-orang yang dalam kesehariannya menghabiskan waktunya untuk keindahan. Karena pada intinya orang yang memiliki kepribadian seni ialah orang yang jiwanya dipengaruhi oleh nilai-nilai keindahan.
-          Manusia Agama, inilah kepribadian yang dimiliki oleh para ulama, pendeta, pastur dan pemuka atau tokoh-tokoh agama lainnya. Bagi orang yang memiliki kepribadian agama yang terpenting bagi mereka adalah menghambakan diri dan menghabiskan hidupnya demi Tuhan Yang Maha Kuasa.
-          Manusia Teori, ciri-ciri dari orang yang memiliki kepribadian teori antara lain ia adalah seorang pemikir, suka membaca, dan mengabdi pada ilmu.
3.      Tipe Kepribadian Menurut C.G Jung
C.G Jung membagi kepribadian ke dalam dua tipe, yaitu Ekstrovert dan Introvert.
a)      Tipe kepribadian ekstrovert adalah orang yang perhatiannya diarahkan ke luar dari dirinya. Ciri-ciri atau sifat yang dimiliki oleh orang ekstrovert adalah ia lancar dalam berbicara, mudah bergaul, tidak malu, mudah menyesuaikan diri, ramah dan suka berteman.
b)      Tipe Kepribadian Introvert merupakan kebalikan dari kepribadian ekstrovert. Perhatiannya lebih mengarag pada dirinya, sifatnya yang dimiliki oleh orang yang berkepribadian seperti ini adalah cenderung diliputi kekhawatiran, mudah malu dan canggung, lebih senang bekerja sendiri, sulit menyesuaikan diri dan jiwanya agak tertutup.
4.      Tipe Kepribadian Menurut Gerart Heymans
Gerart Heymans menggolongkan tipe kepribadian berdasarkan kuat dan lemahnya seseorang. Tipe-tipe kepribadian yang dimaksud adalah:
·         Gapasioneerden (orang hebat). Ciri dari orang yang memiliki kepribadian seperti ini akan terlihat sifat antara lain selalu bersikap keras, ambisius, egois, dan emosional. Selain itu sifat yang terlihat dari orang yang mempunyai kepribadian ini antara lain memiliki rasa kekeluargaan yang baik, dan suka menolong yang lemah.
·         Cholerici (orang garang). Sifat yang terlihat dari orang yang memiliki kepribadian seperti ini antara lain orangnya agresif, giat bekerja, pemberani, optimistis, dan suka pada hal-hal yang bersifat nyata. Selain itu ciri lainnya adalah bahwa orang ini mempunyai fifat boros dan suka bertindak ceroboh.
·         Sentimentil (orang perayu) ciri-cirinya adalah emosional, pintar berbicara, senang dengan kehidupan alam, dan tidak suka keramaian.
·         Neveuzen (gugup). Sifat yang terlihat dari kepribadian semacam ini adalah mudah naik darah, suka memprotes, tidak mau berfikir panjang, dan tidak pendendam.
·         Flegmaciti (orang tenang). Sifat yang terlihat pada orang yang memiliki kepribadian ini adalah antara lain selalu bersikap tenang dan sabar, tekun bekerja, memiliki pemikiran yang luas, rajin dan cekatan.
·         Sanguinici (Kekanak-kanakan) jika kita melihat seseorang memiliki sifat seperti anak-anak, itulah orang yang berkepribadian sanguinici. Sifat yang terlihat antara lain sukar atau plinplan dalam mengambil keputusan, ragu dalam bertindak dan suka menyendiri.
·         Amorfem (orang tak berbentuk) sifat yang terlihat dari tipe kepribadian ini adalah intelektualnya kurang, picik, tidak praktis, tidak punya jati diri dan terombang ambing.








BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan beberapa hal berikut:
a.       Pengertian Tipologi
Tipologi berasal dari Tipo yang berarti pengelompokkan dan Logos yang berarti ilmu. Jadi, Tipologi adalah pengetahuan yang berusaha menggolongkan atau mengelompokkan manusia menjadi tipe-tipe tertentu atas dasar faktor tertentu, misalnya: karakteristik, fisik, psikis, pengaruh dominan, nilai-nilai budaya, dan sebagainya.
b.      Jenis-jenis Tipologi
·         Tipologi Konstitusi
·         Tipologi Temperamen
·         Tipologi Nilai-nilai Kebudayaan
c.       Tipe Kepribadian Menurut Para Ahli
1.      Tipe Kepribadian Menurut Hippocrates-Gelenus
Terpengaruh oleh Kosmologi Empedokles, yang menganggap bahwa alam semesta beserta isinya ini tersusun atas empat unsur pokok, yaitu: Tanah, air, udara, dan api yang masing-masing mendukung sifat tertentu.
2.      Tipe Kepribadian Menurut Eduard Spranger
Eduard Spranger membagi tipe-tipe kepribadian seseorang berdasarkan sikap manusia terhadap yang hidup di dalam masyarakat. 
3.      Tipe Kepribadian Menurut C.G Jung
C.G Jung membagi kepribadian ke dalam dua tipe, yaitu Ekstrovert dan Introvert.

4.      Tipe Kepribadian Menurut Gerart Heymans
Gerart Heymans menggolongkan tipe kepribadian berdasarkan kuat dan lemahnya seseorang.














DAFTAR PUSTAKA
Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang : Penerbit Universitas Muhammadyah Malang.
Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian.Jakarta: Raja Grafindo.
Mujib, Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta:2006.



2 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus
  2. DISKON TOGEL ONLINE TERBESAR
    BONUS CASHBACK SLOT GAMES 5%
    BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO 0,8% (NO LIMIT)
    BONUS CASHBACK SPORTSBOOK 5%
    Bonus di Bagikan Setiap Hari Kamis pukul 11.00 wib s/d selesai
    Syarat dan Ketentuan Berlaku ya bosku :)
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.biz
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : (+855 88 876 5575 ) 24 JAM ONLINE BOSKU ^-^

    BalasHapus

Label

Recent

Author

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Welcome To SoraBook